Menengok Air Terjun Buatan Di Kawasan Bojongsari Indramayu -->

Advertisement

Menengok Air Terjun Buatan Di Kawasan Bojongsari Indramayu

Berita Indramayu
Tuesday

Lokasi Air Terjun Buatan Indramayu

Jarang diketahui oleh sejumlah warga masyarakat Kabupaten Indramayu, kini ada Air Terjun buatan yg terletak di Desa Bojongsari Kecamatan Sindang, bersumber biaya dari Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indramayu, menjadi destinasi wisata baru.



Keberadaan Air Terjun buatan tersebut, otomatis menjadikan Desa Bojongsari Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu, sebagai tempat komplek wisata baru dari sebelumnya hanya ada destinasi wisata Air Mancur Bojongsari, Kolam Renang Bojongsari, dan Gedung Iptek Bojongsari.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Bidang Tata Bangunan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Indramayu, Warkam, S menjelaskan pembangunan Air Terjun buatan tersebut merupakan, program pemerintah daerah dengan menjadikan Desa Bojongsari tempat wisata di Indramayu.

"Pembangunannya sudah lama, dan sudah melewati perhitungan teknis sehingga bangunan Air Terjun Buatan itu akan awet dan sejajar dengan wisata yg ada di Desa Bojongsari,"jelasnya saat dikonfirmasi. Sabtu (4/8)

Harga Tiket Air Terjun Buatan Indramayu

Selama proses pembangunan air terjun, pekerja kontraktor sengaja menutup rapat-rapat bangunan air terjun itu menggunakan dengan pagar yang berlapis dua. Pagar pertama, yaitu pagar darurat terbuat dari seng, layaknya pagar proyek. Pagar kedua terletak di dalam pagar seng merupakan pagar permanen. Terbuat dari tembok. Pagar permanen inilah yang nantinya digunakan pengelola air terjun untuk membatasi pengunjung.



Meskipun letak bangunan air terjun berada di komplek Waduk Bojongsari bersebelahan dengan Kolam Renang dan Taman Air Bojongsari yang masuknya berbayar, tapi pengunjung tidak otomatis dapat memasuki bangunan air terjun. Untuk dapat masuk ke bangunan air terjun pengunjung harus merogoh kocek lagi alias membeli karcis tanda masuk.

Keindahan Air Terjun Buatan Indramayu

Air terjun itu sebagaimana yang dipahami terbentuk alami. Adanya di daerah pegunungan, perbukitan. Bukan di daerah landau seperti kondisi geografis Kabupaten Indramayu.

Air Terjun berkonsepkan pegunungan itu mencapai tinggi 20 meter dan lebar mencapai 10 meter, untuk sumber air dari air terjun tersebut berasal dari mesin pompa yang ada di alat penampungan oleh petugas pengelola.

Air terjun buatan tersebut mempunyai air yang bening, karena airnya menggunakan air ledeng yang kemudian dipompa melaui jaringan pipa ke bak penampungan atas yang sudah disediakan. Air tersebut sengaja ditumpahkan ke bawah sehingga menciptakan air terjun.

Jika kita lihat dari jarak yang dekat, air terjun buatan di Kabupaten Indramayu cukup menarik. Bangunannya terbuat dari semen segi empat. Di samping kiri dan kanan dinding air terjun dipenuhi tanaman. Dan dinding bagian depan dibuat model relief batu besar yang bentuknya indah dan menarik.

Salah satu warga pengunjung Air Terjun Bojongsari, Nurhadi asal Desa Dukuh Kerupuk Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu, mengatakan sebelumnya ia tidak pernah tahu bahkan mustahil adanya air terjun, mengingat wilayah kabupaten Indramayu merupakan dataran rendah.

Namun setelah mengetahui lewat media sosial dirinya nampak takjub dan antusias dengan adanya segala pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu.

"Takjub saja mas kok bisa membuat air terjun buatan begini, berapa biayanya," katanya saat berkunjung bersama keluarganya.

Informasi wisata alam di Indramayu lainnya silakan ke menu navigasi Wisata Alam yang sudah disediakan.

ARTIKEL PILIHAN SEDULUR :

close