Museum Bandar Cimanuk, Dari Sejarah Hingga Spot Instagramable Ada Disini -->

Advertisement

Museum Bandar Cimanuk, Dari Sejarah Hingga Spot Instagramable Ada Disini

Berita Indramayu
Wednesday


Museum Bandar Cimanuk hadir berkat inisiatif para pencinta budaya yang tergabung dalam yayasan Komunitas Museum Cimanuk yang bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Indramayu.

Lokasi Museum Bandar Cimanuk di Jalan Veteran Nomor 1 Lemahabang, Indramayu menjadi surganya heritage atau pusat benda-benda bersejarah di bumi Wilarodra.

Ada ratusan benda bersejarah di Museum Bandar Cimanuk mulai dari Zaman Hindu-Budha, Zaman Kerajaan Islam, Zaman Pra Kemerdekaan, Zaman Kemerdekaan, hingga benda-benda tradisional yang digunakan oleh masyarakat terdahulu.

Museum Bandar Cimanuk sendiri terdiri dari beberapa ruang, ada ruang khusus yang menyimpan berbagai naskah-naskah kuno, benda-benda pusaka, foto-foto Bupati Indramayu dari Bupati pertama hingga saat ini dan masih banyak lagi.


Selain itu, ada juga ruangan yang menyimpan peralatan yang digunakan oleh para nelayan pada tempo dulu, ada juga peralatan para petani, dan lain-lain.

Di ruang lainnya juga tersimpan peralatan zaman dahulu, seperti radio, kamera, piano, telepon, mesin jahit.

Ada juga berbagai koleksi mata uang tempo dulu, lukisan, serta foto-foto bangunan tua dan kegiatan bersejarah yang terabadikan dalam potret foto hitam putih.

Kesenian-kesenian Kabupaten Indramayu juga tersimpan rapi dalam Museum Bandar Cimanuk, di antaranya gamelan, topeng dan gambar maestro topeng Indramayu yaitu Mimi Rasinah.

Di halaman Museum Bandar Cimanuk juga terdapat Pedati Ki Jaga Muara yaitu alat angkut tradisional pada periode tahun 1930, becak tua, sepeda ontel, serta terdapat juga cafe untuk para pengunjung yang hendak rehat menikmati suasana bersejarah di Kabupaten Indramayu.


Museum Bandar Cimanuk dibuka untuk umum dengan tiket masuk museum yang sangat murah, yakni pelajar Rp 3.000 per orang dan dewasa Rp 5.000 per orang.

Di sana juga terdapat berbagai fasilitas seperti ruang audio visual, perpustakaan, mushola, area parkir luas, toilet, kedai galeri, dan koneksi wifi gratis.

Akses menuju Museum Bandar Cimanuk pun tergolong sangat mudah, hanya berjarak sekitar 100 meter dari Alun-alun Indramayu.

Adapun untuk waktu kunjungan yakni Museum Bandar Cimanuk buka pada hari Selasa-Jumat pukul 09.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-14.00 WIB. 

Beberapa foto kiriman sedulur di Instagram :







Gimana lur? yuk ke sini jangan pake lama.

ARTIKEL PILIHAN SEDULUR :

close