Tengkorak Manusia Ditemukan Dekat Makam Raden Wirapati Indramayu -->

Advertisement

Tengkorak Manusia Ditemukan Dekat Makam Raden Wirapati Indramayu

Berita Indramayu
Friday


Penemuan tengkorak manusia di bekas warnet menggemparkan warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tengkorak itu ditemukan oleh salah seorang kuli bangunan di Jalan Wiralodra, Kelurahan Lemahabang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan pihak kepolisian setempat langsung mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan adanya penemuan tersebut. Menurut Ketua TACB Kabupaten Indramayu Dedi S Musashi, tengkorak manusia ditemukan pada kedalaman 2,8 meter. Dedi menyebut lokasi penemuan tengkorak berdekatan dengan makam Raden Wirapati (Wiralodra II) atau Bupati ke-2 Kabupaten Indramayu.

"Kami dan pihak kepolisian sudah mendokumentasikan atau mengumpulkan data. Selain tengkorak, ditemukan kayu dan besi, masing-masing satu buah," kata Dedi, Kamis (3/10/2019).

Dedi mengaku telah berkoordinasi dengan Polsek Indramayu Kota untuk memberhentikan kegiatan atau pengerjaan proyek di lokasi temuan tengkorak. TACB juga berkoordinasi dengan Balai Arkeologi Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jabar, DKI Jakarta, dan Banten di Serang terkait penemuan itu.

"Ditemukan oleh seorang pekerja bangunan saat menggali. Rencana bekas warnet ini bakal dibangun tempat cuci mobil. Rencananya Tim Balai Arkeologi Bandung meneliti pada Senin nanti," katanya.

Lebih lanjut, Dedi mengaku tertarik dengan adanya penemuan itu. Sebab, bukan hanya tengkorak, namun ada benda penyerta lainnya yang ditemukan di lokasi. Kendati demikian, Dedi mengaku belum bisa menyimpulkan tentang tengkorak dan benda lainnya yang ditemukan.

"Berapa usianya, ini milik siapa, belum bisa diketahui. Harus dilakukan ekskavasi terlebih dahulu. Sementara TACB Indramayu baru melakukan pendokumentasian dan meminta pemilik menghentikan sementara pekerjaan," ucapnya (D) 

ARTIKEL PILIHAN SEDULUR :

close