Ingin Mendapatkan KIP Kuliah tapi Tidak Punya KIP dari Sekolah, Begini Caranya! -->

Advertisement

Ingin Mendapatkan KIP Kuliah tapi Tidak Punya KIP dari Sekolah, Begini Caranya!

Berita Indramayu
Monday


Jika Ingin Mendapatkan KIP Kuliah tapi Tidak Punya KIP dari Sekolah

Walaupun KIP menjadi persyaratan utama memperoleh KIP Kuliah, Sekjen Kemenristekdikti menyebutkan bahwa masih ada peluang memperoleh KIP Kuliah tanpa harus sebelumnya memiliki KIP.

Hal yang pertama dilakukan ada melakukan pengecakan data pada halaman : http://cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian 


Setelah itu silakan ikuti alur berikut ini :
  1. Pilih NIK pada kolom PILIH ID
  2. Ketikan NIK sesuai KK
  3. Ketikan Nama sesuai KK
  4. Masukan kode capcah
  5. Klik CARI

(jika terdaftar, akan tampil gambar seperti di atas)

Jika data tidak ditemukan, silakan segera mengusulkan ke dinsos kab/kota asal dari sekarang dengan meminta Surat rujukan dari Desa/Kelurahan untuk mengajukan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang biasa disebut BDT (Basis Data Terpadu). Agar setelah lulus bisa ajukan KIP Kuliah.

Lalu bagaimana cara mengajukan DTKS/BDT?

Jangan lupa terlebih dahulu meminta surat rujukan dari desa/kelurahan untuk mengajukan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang biasa disebut BDT (Basis Data Terpadu). Hal itu menjadi salah satu persyaratan agar kamu bisa ikutan KIP kuliah nantinya.

Apa itu DTKS?

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang biasa disebut BDT (Basis Data Terpadu). Ini adalah database yang berisi data kesejahteraan sosial dengan berbagai macam kriteria pada masing-masing Individu dan Rumah Tangga.

Bagi  yang membutuhkan data dengan nama dan alamat (by name by address). Berasal dari Basis Data Terpadu (BDT) untuk penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu menyertakan dokumen pendukung, sebagai berikut:
  1. Surat Permohonan resmi dari Kepala Daerah
  2. Penjelasan mengenai program yang akan menggunakan data dari Basis Data Terpadu.
  3. Surat pernyataan dari Kepala Daerah yang menyatakan bahwa data nama dan alamat dari Basis Data Terpadu hanya akan digunakan untuk keperluan penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Nah, itulah info terkini untuk kamu yang ingin ikuti KIP Kuliah 2020. Pastikan ikuti terus informasi terbarunya.

ARTIKEL PILIHAN SEDULUR :

close